proposal ubi ungu

NAMA USAHA;
KARIPIK BADARUAK

VISI:

 Menjadikan karipik ubi unggu sebagai makana pokok yang di popolerkan dan di kemas menarik di kelangan masyarakat

TUJUAN UTAMA:

Mengsosialisasikan produk makanan berbahan dasar ubi unggu kepada masyarakat pariaman dalam bentuk yang menarik,serta membuat petani ubi untuk memasarkan ubi unggu di pariaman

LATAR BELAKANG

Keripik Ubi unggu dari merupakan salah satu produk makanan ringan yang banyak digemari konsumen. Rasanya yang renyah dan murahnya harga yangditawarkan menjadikan produk tersebut sebagai alternatif tepat untuk menemaniwaktu santai Anda bersama rekan dan keluarga.
Seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, kini keripik ubi unggu  mulai diinovasikan berbagai varian rasa, seperti keripik Ubi pedasdengan beberapa tingkatan level. Meskipun trend tersebut belum lama dikenalmasyarakat luas, namun perkembangannya sudah sangat pesat, sehingga banyak produsen keripik singkong mulai beralih jalur dengan menambahkan ekstra pedas pada produk keripik yang diciptakannya.Sejatinya, produk keripik ubi pedas bukan barang baru bagi masyarakatIndonesia. Namun dengan menambahkan sedikit inovasi dalam hal peningkatanlevel rasa pedas yang ditawarkan, kini keripik tersebut banyak dicari konsumendan menjadi salah satu peluang bisnis menarik yang menjanjikan untung besar bagi pelakunya.

Survey Pasar

Analisis calon pembeli: Kedai Cassava Castle dibuat dengan segmentasi seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak (di atas 5 tahun) hingga orang dewasa. Cocok sebagai kedai bagi keluarga
Kebutuhan masyarakat yang terpenuhi: Kebutuhan makanan akan sumber karbohidrat (makanan pokok alternatif). Selain hidangan nasi dan lauk, singkong dapat disajikan dengan lauk dan dapat menggantikan kebutuhan makanan berat. Selain itu, kebutuhan akan camilan juga dapat dipenuhi dengan komposisi singkong sebagai dessert.
Peluang Bisnis
Peluang Produk Cassava Castle: Ketertarikan pada sarana pra sarana kedai dan produk yang bercita rasa pemenuhan dessert dan makanan berat berbasis singkong.
Lokasi Kedai Cassava Castle: Pusat kota Bandung, alasan: strategis, masyarakat Bandung cinta kuliner yang unik.
Tren masyarakat hari ini:
Berfoto diri 'Selfie'
Tren untuk mengunggah foto di media sosial
Tren untuk menginformasikan aktivitas pribadi di media sosial
Tren untuk menginformasikan 'lokasi saat ini' di media sosial
Perubahan Gaya hidup
Masyarakat cenderung makan di luar rumah
Masyarakat cenderung mencari hal praktis/cepat saji
Masyarakat semakin memerhatikan gizi setiap makanan:pola hidup sehat
Rumusan Masalah
Mencari sumber lahanproduksi singkong
Distribusi bahan bakuke tempat pembuatanCassavagar danCassavalt
Sistem produksi bahanbaku singkong padalahan mandiri
Lokasi kedai di tengahkota sehingga jarakdistribusi bahan bakudari lahan produksiterbilang jauh
Solusi Permasalahan
Bekerja sama dengan petani singkong untuk produksi bahan baku singkong
Pengembangan dilakukan dengan menambah lahan milik sendiri: mempekerjakan orang baru untuk bekerja (membuka lapangan pekerjaan)
Menyiapkan distributor yang optimal

Deskripsi Bisnis
Cassava castle berasal dari kata Cassava yang berarti singkong dan castle yang berarti istana. Cassava castle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam. Produk Cassava dibuat bermacam-macam.
Cita rasa manis diwakilkan oleh Cassavagar (Cassava-sugar) Yaitu singkong yang diberi saus bermacam rasa: vanilla, coklat, green tea, keju, tiramisu, taro, dan juga saus buah. Cita rasa asin diwakilkan oleh Cassavalt (Cassava-Salt), yaitu produk singkong rebus yang diberi bumbu cita rasa khas Indonesia seperti bumbu rendang, opor, dan gulai.
Dengan adanya produk-produk tersebut, diharapkan nilai jual singkong meningkat, seiring kebermanfaatannya menjadi bahan makanan pokok alternatif selain nasi.
Produk
Cassavagar: Vanilla, Oreo, Green tea, Coklat, Tiramisu, Cappucino, Red velvet, Taro, Aneka rasa buah, Es krim, Yogurt, Keju
Cassavasalt: Saus padang Saus bolognese, Saus tiram, Saus asam manis, Cabe hijau, Rasa rendang, Rasa opor, Rasa kari ayam, Rasa baso, Rasa soto
Keunikan Cassava Castle
Menunggu hidangan disajikan: Pelanggan diberikan fasilitas bermain di mejanya masing-masing. Terdapat papan ular tangga, monopoli, kartu uno di meja. Tujuannya: mengurangi waktu menunggu hanya dihabiskan dengan gadget. Permainan-permainan di atas dapat menjalin silaturahmi antarpembeli dalam satu meja.
Sistem penjualan: Kedai dibuat seperti prasmanan khusus untuk memilih topping-topping/ pilihan-pilihan bumbu, apakah pembeli akan memilih Cassavalt (asin) atau Cassagar (manis). Visualisasinya seperti pada tempat jual kue di kios-kios pada umumnya.
Desain Kedai Kedai: dibuat dengan nuansa 'all cassava', cat tembok dihiasi dengan gambar-gambar daun singkong, kursi-kursi terbuat dari kayu-kayu batang pohon singkong, pintu masuk dihias dengan desain arsitek interior dan bernuansa coklat-hijau sesuai dengan cassava.
Jasa Event Organizer: Pembeli yang berulang tahun di hari datang ke kedai, mendapat hidangan gratis dan surprise dari para karyawan di kedai. Syarat: melampirkan fotocopy KTP.


Kesimpulan
Bisnis makanan dari bahan baku singkong diprediksikan dapat memeroleh keuntungan
Masyarakat semakin termotivasi untuk mencari makanan lain selain nasi sebagai makanan pokok sumber karbohidrat
Cassava castle dapat menjawab julukan 'Harga kaki lima, fasilitas bintang lima' melalui rancangan produksi produk dan desain kedai
Komposisi ubi unggu

Komentar